Membuat Tutorial Interaktif: Buat Rancangan & Tujuan Pembuatan

Standard

Untuk melihat daftar menu bab tutorial ini, sihlakan cek disini

Ok, tahap pertama yang paling terpenting sebelum kita beranjak didepan komputer, mari ambil selembar kertas dan sebuah bolpoin / pensil, dan langsung kita tulis apa yang kita butuhkan sebelum kita membuat tutorial interaktif ini:

  1. Ingin membuat tutorial interaktif macam apa? Ditujukan untuk siapa? Misal: membuat tutorial interaktif lancar membaca untuk anak TK, dll. Seperti milikku, tutorial aegisub untuk pemula. Disini kata pemula adalah untuk umuar berapa saja, asalkan pemula menggunakan software aegisub.
  2. Tampilan depan / homepage nanti seperti apa? Misal pada lembar kerja milikku, ada tombol menu quiz, tutorial, materi, dan quit. Serta tambahan tampilan video klip dari hasil penggunaan software aegisub.
  3. Materi yang ingin disampaikan dalam bentuk apa? Apakah hanya teks saja? Sedikit gambar animasi interaktif? Atau video saja?
  4. Elemen terpenting keempat adalah musik. Yups, setidaknya kalian bisa mempertimbangkan untuk menyisipkan musik yang hanya intrumen-nya saja atau ada suara manusianya? Kalian juga harus pintar-pintar menaruh musik dimana yang pas untuk instrumen saja atau lagu serta theme / tutorial yang kalian bawakan. Misal: tutorial lancar membaca untuk anak TK, song theme yang digunakan tentu saja lagu anak-anak.
  5. Hanya tambahan, kalian bisa menyisipkan soal / quiz bila perlu. Ini juga penting untuk mengasah kemampuan pembaca / pengguna sejauh mana kemampuan mereka. Ini seperti halnya memberikan soal ulangan harian ^.^
  6. Kalo perlu, kalian bisa menambahkan halaman profil. Setidaknya nama itu penting ;)

Hum…. aku pikir hanya itu, kalian bisa menambahkannya sendiri bila ada yang kura :P

Oh ya, software yang perlu kalian gunakan, jangan sampai lupa! Sebelum melaksanakan / membuat, setidaknya software apa saja yang akan kalian pakai nanti pun perlua, ok ;)

  • Adobe / macromedia flash (versi apapun sama saja. Hanya mungkin peletakan panel / namanya akan sedikit berubah, tapi secara umum sama, kok)
  • Camtasia studio (Well, bagi yang ingin tutorialnya dalam bentuk video, kurasa ini sangat perlu)
  • Microsoft power point (sebetulnya kalian bisa menggunakan adobe flash untuk membuatnya, tapi kalian bisa menggubakan aplikasi ini untuk lebih mudahnya)
  • Untuk yang lainnya, sihlakan ditambahkan. Maaf, karena kemarin yang aku gunakan hanya 2 aplikasi diatas (adobe flash CS4 dan camtasia studio 7)

Sudah siap semua? Ok, langsung saja kita membuat!

About these ads

2 responses »

  1. Pingback: Membuat Tutorial Interaktif: Membuat Tombol Menu « Blog of Cikita Chan

  2. Pingback: Membuat Tutorial Interaktif « Blog of Cikita Chan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s