Ibuku Sakit :(

Standard

Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu. Mungkin sekitar 5 hari yang lalu, ibu sakit😦 Beliau menyidap penyakit gatal – gatal diantara jemari – jemari. Masalahnya, itu terlihat seperti jamur dan alergi. Ya, ibu bilang sepertinya terkena alergi makanan ikan.

Beliau sadar disaat bila itu memberi makan ikan hias di rumah kami, dengan menggunakan sendok / alat lainnya, tangannya tidak apa – apa. Tapi terkadang ia capek dangakmau ribet. Akhirnya langsung aja mengambil makanan ikan itu dengan tangannya sendiri. Alhasil, tangannya gatal – gatal. Saat itulah beliau sadr, ia telah terkena alergi makanan ikan. Itu benar-benar bau >.<

Dan satu hal lagi! Saat periksa ke dokter yang mungkin saja bisa mengetahui diagnosis lebih detail / memberi obat penghentinya. Dokter itu bilang “ANDA MENGIDAP PENYAKIT KUDIS!” Dan diberi salep, obat-obatan aneh, dan pastinya GAK MEMPAN. Mulai saat itulah, aku sedikit benci dokter di rumah sakit daerahku itu😦

Untungnya ibuku bertemu dengan temannya yang kebetulan seorang apoteker dan jago dalam penganan obat-obatan apa saja untuk suatu penyakit.

Dia memberinya obat bernama Soldextam.

Pertama kali dicoba, syukurlah bisa membaik. Ya, maksudku jamur-jamur itu hilang / setidaknya kering. Walau masih ada beberapa, tapi setidaknya lumayan bisa meringankan jemari-jemari tangan bunda.

Aku bingung dan mau tau kandungan zat kimia apa dan hal-hal lain tentang obat tersebut. (Kalau kalian juga mau membacanya, sihlakan cek laman ini untuk lebih lanjut).

Ada 2 kandungan zat untuk membuat obat yang bernama Soldextam ini:

  • Dexamethasone 0.5 mg
  • Dexchlorphenamine maleate 2 mg

Aku bukan ahli kimia atau apoteker masalah zat-zat ini. (Maklum, aku anak SMK yang belajar kimia pas-pasan). Jadinya aku coba cek di google.

Dexamethasone 0.5 mg = obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat.
Dexchlorphenamine maleate 2 mg =sebuah antihistamin yang bersifat antikolinergik Ini digunakan untuk mengobati kondisi alergi seperti demam tinggi, atau urtikaria.

*Sumber: en.wikipedia.org*

Well, aku tak mau terlalu menerangi banyak hal. Karena aku bukan ahlinya. Setidaknya aku bisa sedikit sharing pengalaman aku dan ibuku🙂 Dan semoga membantu, jika diantara kalian / saudara kalian mengidap penyakit yang sejenis. Ini mungkin obat yang pas untuk kalian🙂

Oh ya, satu lagi pesanku. Ini termasuk obat kimia. Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi dan apabila sudah sembuh, sudahi saja. Walaupun mahal, tapi ingat kimia itu kurang baik untuk tubuh🙂

One response »

Leave a Reply

