China~ I’m Coming~ Goodbye, Indonesia~

Standard

Tanggal 8 siang saya berangkat dari bandara Juanda, dan sampai di China sekitar tanggal 9 siang. Hanya saja baru sempat posting~ Banyak sekali yang terjadi~ lagian it’s my first time to be a foreigner in other country~

Ayah, Ibu, dan semua adikku mengantarkanku ke bandara~ tak luput eyang kakung, eyang putri, bibi, bulek kelik, bude kha, bulek nur juga mengantarkanku ke bandara. Semuanya sampai izin cuti kerja demi mengantarkanku, adik-adikku juga izin gak masuk sekolah~ saya benar-benar mengucapkan terima kasih kepada kalian~ para sahabatku juga sempat datang, Nao dan Hida~ mereka juga sempat ngasih aku kado~ benar-benar surprise~ seharusnya gak sih ya~ mereka sempat tanya saya berangkat jam berapa dan di Juanda yang mana~ tapi gak kepikiran mereka bakal datang jauh-jauh demi diriku~ arigachuu~

saya akan sedikit bercerita selama perjalananku dari Indonesia menuju ke China~

Saya dan 2 temanku yang berasal dari kampus yang sama tapi beda kelas dan angkatan, sama-sama mau menuntut ilmu ke negeri orang, di kampus yang sama juga~ jadi selama perjalanan kita merasakan nasib yang sama-sama parah😄

Mungkin karena sudah terbiasa jauh dari ortu kali ya~ responku entah kenapa datar~😄 teman saya (lebih tepatnya dia kakak angkatan, namanya Li Huiying). Mungkin ini akan menjadi perpisahan terpanjang baginya~ bagaimana tidak? beda negara, jauh pula jarak negaranya, dan kami berada di China selama satu tahun. (Ini acara kampus kami di Indo yang kerja sama dengan CI / Confucius Institute dimana kami mendapatkan beasiswa belajar bahasa Mandarin di China selama satu tahun) Well~ mereka kumpulnya lama~ ngobrol banyak~ lha saya dan orang-orang yang nganterin saya malah saling tertawa~ Lha Li Huiying malah saling berbagi nangis~ Err sudah hal biasa sih ya~ But for me,

saya bakal ninggalin mereka selama itu dan meninggalkan tangisan? menurut saya tidak baik~ tinggalkanlah mereka dengan senyuman di wajahmu, dan itu akan menandakan bahwa kalian akan baik-baik saja~ saya yakin itu🙂

Jadi kalau kalian mau berpisah dengan orangtua atau siapapun itu seperti saya ini, usahakan jangan menangis didepan mereka, tahanlah air mata kalian~ saat kalian sudah menjadi bayangin titik jauh mereka, misal saya sudah berada di pesawat saat itu, bolehlah kalian menangis sepuas kalian~🙂

Back to the topic~

sudah lama rasanya gak naik pesawat😄 terakhir naik itu saat saya masih TK atau SD kelas 1 gitu~ benar-benar masih kecil😄 lha ini sudah kuliah tingkat 2? jauh😄 dan oh rasanya~😄

2 kali transit sebelum nyampai Wuhan, China. Pertama di Singapura, sore hari baru nyampai~ sayang sekali~ gak bisa jalan-jalan😄 Mao Meili, teman seangkatanku tapi beda kelas, sempat ke rumah pamannya disana~ She has a family in Singapore after all~ Lha nunggunya lho lumayan lama~ bosan juga di bandara~ tapi bandara Singapura gede banget~ keren juga~ Bandara internasional Juanda kalah telak deh😄

sekitar jam 9 malam baru deh berangkat😄 apes banget gak sih? Yang paling ku benci, menunggu! Untung aja sempat bawa duit dolar singapura~ tapi tetap aja gak kepake😄 bawa makanan sih ya~ minumnya gratis kok~ tersebar di bandara😄 enyak airnya~

hampir tengah malam baru nyampai Thailand T.T gak ada bis~ Soalnya harus oper bandara~ dan perjalanan ke Wuhan baru akan dimulai esok pagi~ dan kami bertiga menjadi pengemis jalanan😄 tidur di halte bis dekat trotoar itu~ barang dibiarkan begitu saja~ awalnya sih ingin gantian gitu tidurnya~ biar ada yang jagain barang, eh ternyata~ pada tidur semua~

Paginya, saya gak tau jam berapa saat itu~ HP ku gak bisa konek dengan koneksi disana~ entah kenapa saat itu malas juga nyari atau tanya jam berapa dengan pegawai bandara T.T belum sholat shubuh~ dan eh ternyata~ saat bis sudah datang, HP baru bisa terkoneksi dan ternyata saat itu saya bangun sekitar jam 3 pagi~ kupikir sudah jam 4 atau jam 5~ hampir kepikiran mau ambil wudhu/tayamum dan sholat di bangku halte~

Selama di bis, saya hanya bisa menengokin, melihat jalanan hingga tertidur kawan-kawan😄 oh plis~ saya memang hobi tidur😄

sesampai di bandara, matahari sudah hampir terlihat, saya melewatkan sholat shubuhku T.T kepikiran sholat di pesawat >.< well nyampe bandara langsung naik ke pesawat~

Selama di pesawat, sudah pastinya perut keroncongan😄 makan malamnya dikit banget, saling berbagi dengan Li Huiying juga~ dengan makan roti~ tapi saya si penggemar makan banyak, itu tidaklah cukup😄 Beruntunglah Mao Meili, yang memesankan tiket pesawat untuk kami sudah memperkirakan untuk sarapan, dan kami sempat dipesankan makanan~ yay! tapi minumnya~ T.T dikit banget >.< beli air di pesawat itu gila banget harganya~ err sekitar 20 bath kalo gak salah ingat😄 harga apaan itu untuk air mineral 300ml hah? well harga di pesawat itu memang jangan dibandingkan dengan harga pasaran~ memang ada pasar di udara? X3

And it’s the longest traveling I ever had~ nyampai di Wuhan siang hari~ sekitar jam 10 atau jam 11? lupa😄 *malas ngecek jadwal pesawat* tak lama menunggu, kak Abim atau biasa disapa Along, menjemput kami di bandara~ dia hanya teman dari dosen kami, dia adalah seorang pelajar di China~ ambil S1 mandarin di CCNU~ mandarinnya hebat~ soalnya selama naik taxi, dia ngobrol banyak dengan sopir taxi~ well dia sudah di China juga 3 tahunan -_- pastinya jago dong~

Sampai di kampus, kami tak bisa langsung istirahat~ banyak sekali yang harus dikerjakan~ daftar ulang~ beli nomor hp china~ beli makan (siang dan malam digabung, untungnya di kampus ini lumayan banyak tempat makanan muslim)~ beli perlengkapan kamar~ dan bersih-bersih kamar~ sekitar jam 11 malam kami baru bisa istirahat T.T dan sayangnya, saat itu kami belum bisa menghubungi keluarga kami sama sekali di Indo saat itu~ entahlah, nomernya tidak bisa dipakai~ lusanya baru bisa~ kampret beneran >.<

well~ Welcome to China~ Welcome to Zhongnan University of Economy and Law~ I’ll be here until next July 2015~ Yoroshiku ne ^.^

Leave a Reply

